JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIDOLITKAJI

Rapim Terpadu Kemtan

Rapim Terpadu Kementerian Pertanian berlangsung di Kuta, Bali 5-6 September 2018 yang diikuti oleh seluruh UK/UPT Kementerian Pertanian, membahas capaian kinerja LTT UPSUS Pajale dan optimalisasi kinerja alsintan.

Selain dihadiri oleh Menteri Pertanian, Sekjen Kementan, juga oleh Pejabat Eselon I, II dan III Kementerian Perjanian selaku penanggung jawab Upsus dimasing-masing provinsi.

Dirjen Tanaman Pangan, Dr Gatot Irianto selaju pennaggungjawab Upsus Nasional dalam sambutannya juga mengungkapkan terimakasih atas kerja keras kinerja tim Upsus sehingga target capaia. LTT padi seluas 1 juta hektar dapat terlampaui di bulan Agustus, Termasuk halnya capaian Provinsi Babel yang meningkat cukup tinggi sebesar 66 persen. Untuk bulan September 2018 target cukup tinggi seluas 1.6 juta hektar, sehingga dibutuhkan strategi dan kinerja teknis dilapangan yang lebih baik lagi untuk mencapainya.

Menuai Bulir di Musim Kering

Toboali (040918) Musim kemarau kali ini merupakan tanam untuk kali yang ketiga untuk musim kemarau bagi mayarakat tani di Desa Rias, Bangka Selatan. Walaupun jaringan irigasi belum mengalir secara optimal dikarenakan adanya perbaikan bendungan Metukul belum rampung. Hamparan bulir menguning pada lahan seluas 1600 hektar siap akan dipanen dalam beberapa hari kedepan. Berbagai VUB padi sawah juga telah menyebar seperti Inpari 6, 8, 24, 30, Ciliwung dan sebagian juga masih menggunakan berbagai varietas lokal tertamam. Dengan musim tanam yang relatif bersamaan sehingga dibutuhkan pengelolaan alsin panen/combine harvester yang lebih baik karna masih dalam jumlah yang terbatas dikelola Upja.

Observasi Lapang dan Membangun Koordinasi untuk Tingkatkan LTT

Toboali (310818), Pj Upsus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr Piyatna Sasmita, bersama Kepala BPTP Babel, Dr Wahyu Wibawa, dan Tim Upsus BB Padi dan BPTP Babel terus membangun koordinasi intensif bersama Kepala Dinas Pertanian Bangka Selatan, drh Suhadi dan juga penyuluh lapangam, untuk kerja bersama meningkatkan LTT padi di Bangka Selatan sebagai lumbung beras Negeri Serumpun Sebalai. Salah satu pendekatan pencapaian LTT juga perlu pendekatan optimalisasi alsintan dan inovasi teknologi, salah satunya dengan Teknologi Salibu, melalui pembangunan denfam inovasi teknologi.

KaBB Padi yang juga sebagai Pj Upsus Babel, berkesempatan meninjau kegiatan in house lahan sawah bukaan baru dan produksi benih di KP Batu Betumpang, Bangka Selatan. Besar harapan selain sebagai lahan penelitian dan pengkajian juga sarana diseninasi inovasi padi bagi Bangka Selatan pada khususnya dan Bangka Belitung secara keseluruhan.

 

Dukungan Perbenihan Kelapa untuk Rintisan Agrowisata "Bumang"

Penyerahan 1000 benih kelapa dari BPTP Babel untuk Gapoktan Sejahtera, Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, selain digunakan untuk penambahan luas areal tanam kelapa juga dimanfaatkan dalam pengembangan agrowisata "Bumang" yang ditanam sekeliling embung dan di lahan bagian depan serta jalan usahatani menuju areal persawahan Desa Kemuja. Hal ini selain untuk mempercantik kawasan juga diharapkan mendukung kawasan agrowisata yang sedang dirintis.

Semangat dan motivasi para petani menjadi sangat penting bahwasannya agrowisata mampu menghasilkan pendapatan tambahan. Pemeran utama didalam agrowisata adalah petani, dan selebihnya adalah pengunjung dan pemerintah dan lembaga pendukung lainnya. Peran mereka bersama adalah penting untuk menuju sukses dalam pengembangan agrowisata.

Desa Kemuja memiliki embung yang cukup luas dengan sumber air yang terus mengalir sepanjang tahun, yang digunakan sebagai sumber pengairan lahan pertanian dan juga sangat potensial untuk mendukung wisata air. Komoditas yang dikembangkan di lahan pertanian cukup bervariasi mulai dari padi sawah dan tanaman hortikultura semusim. Sehingga sangat sesuai untuk pengembangan agrowisata.

Kedepannya masyarakat Desa Kemuja yang memiliki lahan di dalam kawasan agrowisata tetap dapat mengolah lahannya sehingga menunjang peningkatan hasil produk pertanian yang menjadi daya tarik agrowisata dan di sisi lain akan mendorong rasa memiliki dan tanggungjawab di dalam pengelolaan kawasan agrowisata secara keseluruhan untuk dapat berkembang lebih maju.Melalui pengembangan agrowisata akan menciptakan multiplayer effect antara lain promosi produk pertanian desa, meningkatkan volume penjualan,meningkatkan membantu meningkatkan pendapatan petani masyarakat sekitar dengan berbagai bidang usaha penunjang wisata.

"Learning by doing" Siswa Magang di BPTP Babel

Periode Juli-September merupakan masa panen tanaman lada pada umumnya. Untuk memperoleh lada putih berkualitas tentunya harus dihasilkan dari buah lada yang telah masak secara fisiologis. Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pada siswa/i SMK Kelapa yang sedang melaksankan magang, mereka juga dibekali teknis pemamenan dan pasca panen lada untuk menghasilkan lada putih atau yang kita kenal dengan sebutan Muntok white pepper.