JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PEMANFAATAN DATA CURAH HUJAN DALAM PENENTUAN JADWAL TANAM (KATAM)

#Seperadik Tani insan pertanian Provinsi Babel yang berbahagia, hari ini Kamis, 8/8/2019, bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Pantai Tanjung Pesona Kabupaten Bangka dimulai kegiatan Sekolah Lapang Iklim Tahap 2 Tahun 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Stasiun Klimatologi Klas IV Koba yang dihadiri 30 orang peserta yang merupakan Penyuluh Pertanian Lapangan perwakilan dari Bangka Barat, Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meng-update pengetahuan PPL terkait kondisi iklim terkini yang dikaitkan dengan sektor pertanian.

Feriadi, SP (Tim Gugus Tugas Katam BPTP Babel) sebagai salah satu Narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa keberhasilan petani dalam usaha taninya ditentukan oleh 2 faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dikaitkan dengan Sekolah Lapang Iklim (SLI) maka salah satu faktor eksternal yang dimaksud adalah iklim dan cuaca pada suatu daerah.

Kalender tanam terpadu (Katam) merupakan salah satu solusi untuk mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim yang dapat merugikan petani. Kalender tanam terpadu merupakan alat bantu bagi petani yang memuat informasi terkait awal waktu tanam, rekomendasi pemupukan, rekomendasi varietas, informasi alsintan, prediksi hama dan penyakit untuk komoditas padi, jagung dan kedelai.

#katamterpadumodern