JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pendataan Lahan Sawah Melalui ArcGIS

#SobaTani dalma rangka mengklarifikasi adanya perbedaan data luas baku lahan sawah antara Data SP dan data ATR/BPN, Kementerina Pertanian melalaui Ditjen Tanaman Pangan melakukan Bimtek pendataan lahan sawah melalui pendekatan metode ArcGIS yang bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Bimbingan teknis yang dilaksanakan (090919) di IPB ICC Botany Square diikuti sekitar 150 peserta dari unsur BPTP Selindo, UK/UPT lingkup Kementan, Dinas Pertanian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petugas pendata lahan sawah di lapangan dengan menggunakan aplikasi ArcGIS. Pelatihan ini di buka langsung oleh Dr. Ir. Suwandi, M.Si sebagai Direktur Jenderal Tanaman Pangan, didampingi Dr Sarwo Edhy, SP, MM selaku direktur prasaranan dan saranan pertanian.

Dr. Ir. Suwandi, M.Si memaparkan bahwa pentingnya sinkronisasi luas baku lahan sawah yang ada dengan yang dilapang untuk upaya pencapaian target UPSUS dan meningkatkan penyaluran bantuan pemerintah kepada petani. Pendataan lahan akan sangat berdampak terhdap data produksi. Selain itu, Dr Sarwo Edhy, SP, MM memaparkan bahwa bantuan 2020 pompa 2 inci dan 3 inci akan dialokasi untuk mengantisipasi kekeringan lahan. Pada kesempatan ini Bapak M. Iqbal selaku perwakilan dari jasa asuransi pertanian (Jasindo) juga memaparkan bahwa untuk lebih meningkatkan sosialisasi kepada petani mengenai pentingnya manfaat asuransi pertanian.