JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MENGENAL PENYAKIT ZOONOSIS SEJAK DINI

#SobaTani dan #SeperadikTani sekalian, Gelar peternakan tahun 2019 adalah kegiatan besar kerjasama Dinas Pertanian Provinsi Kep. Bangka Belitung dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kep. Bangka Belitung. Kegiatan yang dilaksanakan di Instalasi Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Petaling pada tanggal 5 September 2019 sukses dilaksanakan.

Salah satu bagian dari kegiatan Gelar Peternakan 2019 yaitu kegitan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Zoonosis. Kegiatan yang ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar ini bertujuan untuk mengenal berbagai penyakit menular kepada manusia yang disebabkan oleh hewan. Materi yang dipaparkan oleh narasumber adalah beberapa penyakit Zoonosis yaitu Rabies, Scabies, Toxoplasma, dan Flu Burung.

Kegiatan KIE ini diikuti oleh berbagai SD di pangkalpinang serta 2 SD di Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka. Siswa yang diundang berjumlah sekitar 20 orang/sekolah berasal dari SD N 1 Pangkalpinang, SD N 3 Pangkalpinang, SD N 19 Pangkalpinang, SD N 33 Pangkalpinang, SD N 68 Pangkalpinang, SD Muhammadiyah Pangkalpinang, SD N 22 Mendo Barat, dan SD N 23 Mendo Barat.

Selain mendapatkan materi tentang penyakit Zoonosis, para peserta juga mendapatkan pembekalan tentang asupan nutrisi yang seimbang untuk mencegah penularan penyakit Zoonosis, untuk mendukung hal tersebut, peserta dibagikan Susu, Telur, dan Biskuit. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan terhadap Zoonosis, Peserta juga melakukan pre dan post test terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan ini bertambah menarik karena adanya beberapa doorprise bagi peserta yang mampu menjawab dengan benar pertanyaan dari para narasumber.

Kegiatan ini diakhiri dengan photo bersama dan pembagian Stand Baner penyakit Zoonosis kepada pihak sekolah. Dengan adanya KIE ini, diharapkan Provinsi Bangka Belitung tetap bebas dari penyakit Zoonosis.