JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

INOVASI TEKNOLOGI BALITBANGTAN SIAP DUKUNG KOSTRATANI

#SobatTani, Inovasi teknologi dan penyediaan data yang akurat, raltime dan akuntabel menjadi material penting dalam mendukung Program Kostratani. Balitbangtan memiliki misi untuk menghasilkan dan mengembangkan teknologi pertanian modern yang memiliki scientific recognition yang dicirikan dengan produktivitas dan efisiensi yang tinggi, ungkap KaBalitbangtan Dr Fadjry Jufry, M.Si saat memperingati HariTanah Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Desember di Balai Besar Sumberdaya Daya Lahan Pertanian (BBSDLP), Cimanggu Bogor.

Pada kesempatan tersebut Balitbangtan melalaui BBSDLP juga merilis Peta Lahan Gambut Indonesia dengan skala 1: 50.000 seluas 13.43 juta Ha yang menyajikan informasi tentang sifat-sifat tanah gambut, ketebalan dan sub lapisan di bawahnya. Peta lahan gambut ini sangat ditunggu untuk mengelola lahan gambut Indonesia dengan kebijakan yang tepat. Selain itu Mentan juga merilis Smart Soil Sensing Kit, yang digunakan untuk deteksi hara dan keperluan pupuk yang cepat dan murah untuk dapat mendukung Kostratani. Seiring dengan perkembangan teknologi 4.0 dimana semua informasi termasuk informasi kesuburan tanah diharapkan dapat ditetapkan dengan cepat, tepat dan ramah lingkungan. Dengan dukungan alat ini khususnya bisa lebih detail per kecamatan, alokasi pupuk bisa lebih maksimal.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian juga mengunjungi Agriculture War Room (AWR) di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di Bogor. Melalui AWR tersebut Mentan menyapa puluhan petugas unit kerja yang terpantau melalui layar kamera data di seluruh Indonesia. AWR merupakan salah satu program andalan Kementerian Pertanian yang akan diintegrasikan dengan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani). Ini sebagai ujung tombak pemantauan pembangunan pertanian di lapangan. Sementara ini, AWR di Balitbangtan telah terhubung dengan 12 Pusat Penelitian dan 34 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di seluruh Indonesia.