JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BANGKA TENGAH LAKUKAN KONTES BUAH DURIAN

 

 

    

#SeperadikTani. Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah menyelenggarakan kontes buah durian (070120) dengan mengusung tema “Durian mengingkatkan kesejahteraan dan mempererat tali silaturahmi menjadi Bangka Tengah unggul”, mengundang keriuhan para pencinta durian, untuk dapat menyaksikan serta mencicipi beragam jenis dan rasa durian unggul lokal yang berada di Kabupaten Bangka Tengah. Selain kontes durian terdapat juga lomba mewarnai tingkat kanak-kanan dan kontes tanaman bonsai.

Acara ini dilaksanakan di lapangan bola kaki Desa Air Mesu, Kecematan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Peserta kontes sebanyak 41 orang dari berbagai Kecamatan yang berada di Kabupaten Bangka Tengah. Adapun Sasaran pelaksanaan acara ini yaitu, untuk meningkatkan produktifitas tanaman buah-buahan khusunya buah durian, menghasikan durian varietas unggul baru yang spesifikasi lokasi lokal.

Bupati Bangka Tengah, BPTP Babel, Korem 045 Garuda Jaya, Dinas Pertanian Provinsi Babel, Kepala OKPD Kabupaten Bangka Tenah serta Para Penyuluh Kabupaten Bangka Tengah turut hadir dalam memeriahkan kontes durian tersebut. Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah menghimbau kepada seluruh kades untuk dapat menanam durian pada lahan yang tersedia, dengan memberikan benih durian ke masyarakat sebanyak dua benih setiap satu kepala keluarga, selain itu Bupati juga menawarkan kepada seluruh penyuluh Bangka Tengah untuk dapat memperbanyak bibit unggul lokal sebanyak seribu benih dan akan dibayar sebanyak sepuluh juta rupiah.

Harapan dari salah satu tim Juri dari BPTP Bangka Belitung (Ahmadi, M.Sc) menyampaikan bahwa dengan adanya kontes durian ini akan dapat mencepat dalam pengumpulan serta pendaftaran varietas tanaman (PVT) aksesi Sumber Daya Genetik (SDG) lokal Bangka Belitung termasuk durian local asal Bangka Tengah sehingga nantinya tanaman duriannya bisa diperbanyak serta dapat disertifikasi dan dapat dibagikan kepada masyarakat.