JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kordinasi Pemberdayaan IP2TP KOBA dengan Pemda Bangka Tengah

Kepala BPTP Babel yang di dampinggi oleh Kasie KSPP, Kasubag TU dan Kordinator Program dan Evaluasi melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan kordinasi ini disambut oleh Sekda Bangka Tengah yaitu Bapak Sugianto yang didampinggi oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala BPTP Babel menyampaikan progres, kendala dan permasalahan pengembangan IP2TP KOBA kepada bapak Sekda secara konkrit, dimana kegiatan IP2TP KOBA telah dilaksanakan seoptimal mungkin, namun demikian masih mengalami kendala dalam pengelolaannya sehingga diperlukan spirit dan dukungan Pemda Bateng meninggat lokasinya berada di rawa lebak yang memerlukan saluran pembuangan air agar dapat dikelola secara optimal. Disamping itu IP2TP ini belum memiliki akses jalan resmi dan aliran listrik sehingga untuk mewujudkan akses jalan dan aliran listrik ini sangat dibutuhkan peran Pemda dalam pembebasan lahan untuk akses jalan dan aliran listik.

Bapak Sekda menyambut baik serta apresiasi karena hibah lahan seluas 10 hektar yang diberikan kepada BPTP Babel telah dimanfaatkan untuk kebun percobaan atau IP2TP KOBA. Bapak Sekda juga akan membantu BPTP Babel dalam pengelolaan IP2TP KOBA sehingga nantinya keberadaannya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Bangka Tengah karena keberadaan IP2TP KOBA berada dilingkungan kantor Pemda Bateng. Sekda Bateng juga akan segera memanggil Dinas PU setempat agar dapat membantu BPTP Babel dalam meningkatkan IP2TP KOBA.

Harapan Sekda Bateng agar BPTP Babel serta Badan Litbang Pertanian akan terus membantu Bangka Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Adapun bantuan Badan Litbang yang telah dan akan diberikan seperti sapi, kambing boerka dan ayam KUB. Namun demikian bantuan yang akan diberikan.juga diperlukan pendampingan teknologi sehingga akan berdampak positif terhadap petani dalam meningkatkan produksi dan pendapatan petani secara berkelanjutan.

Kepala BPTP Babel dan Sekda Bateng juga sepakat bahwa konsep pertanian korporasi mutlak harus dilakukan sehingga semua komponen daerah, pelaku usaha dan Gapoktan maupun petani dapat saling sinergi dalam mewujudkan peningkatan produksi, ketahanan pangan dan pendapatan petani di Kabupaten Bangka Tengah serta tetap mengacu kepada pemetaan komoditas/klaster komoditas yang sudah ada terus dijaga dan ditingkatkan sehingga harga jual tidak akan jatuh dan petani akan tetap untung.