JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

IP2TP Batu Betumpang BPTP Babel Panen Perdana Inpari IR Nutri Zinc

#SobaTani, Hari ini Jumat (140220) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung melakukan panen perdana Varietas Unggul Baru (VUB) padi sawah di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian ( IP2TP ) Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan panen penen perdana Inpari IR Zinc ini dihadiri oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung Dr. Suharyanto,SP., MP yang didampinggi oleh Kepala Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Ahmadi, SP, M.Sc, Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Suyatno, S.Pt., M.Si, Kepala IP2TP Batu Betumpang Sugito, SP. Dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan di wakili oleh Suhar, SP.

Ahmadi, SP., M.Sc selaku Kasie KSPP BPTP Babel mengatakan VUB padi sawah ini memiliki masa tanam sekitar 115 hari dan rata -rata hasil 6,21 ton/ha GKP serta potensi hasil apa bila ditanam pada sawah yang intensif pengairannya dapat mencapai 9,98 ton/ha GKP. Lebih lanjut dijelaskan Ahmadi, hasil ubinan Inpari IR Nutri Zinc yang di tanam pada lahan sawah bukaan baru di IP2TP Batu Betumpang mencapai 6,0 ton/ha GKP. Ini berarti Inpari IR Nutri Zinc layak dikembangkan di Bangka Belitung dimana produksinya telah mendekati produksi rata-rata pada deskripsi varietas. Inpari IR Nutri Zinc juga mempunyai kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit blas yang sering menyerang pada sawah bukaan baru sehingga cocok untuk dikembangkan pada lahan sawah bukaan bari di Babel

Selain pengembangan Inpari IR Nutri Zinc, IP2TP Batu Betumpang BPTP Babel juga melakukan uji adaptasi 4 VUB beberapa varietas padi eksotik seperti varietas Baroma, Pamelen, Paketih dan Jeliteng yang dilepas secara resmi oleh Kementan tahun 2019," kata Ahmadi, Jumat 14 Februari 2020 sore.

Diungkap Ahmadi, salah satu keunggulan VUB IR Nutri zinc adalah kandungan zinc atau zat besi yang tinggi sehingga cocok untuk program mengurangi angka stunting pada balita. Selain itu, kandungan zinc yang tinggi juga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. "Kita berharap VUB ini dapat berkembang dan dimanfaatkan oleh para petani di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di wilayah Kecamatan Pulau Besar dan petani di Bangka Belitung pada umumnya," katanya.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian turut andil dalam upaya mengatasi Stunting.
Berdasarkan data 2017 dari Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan bahwa pemerintah telah menerbitkan daftar 100 kabupaten dengan permasalahan stunting yang perlu segera ada penanganan. Oleh sebab itu pada tahun 2018 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan IRRI dan Harvest Plus turut berkontribusi nyata dalam mengatasi stunting. Salah satunya dengan melepas padi dengan kandungan Zn tinggi dengan nama Inpari IR Nutri Zinc.

Inpari IR Nutri Zinc mempunyai banyak kelebihan dibanding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn. Berdasarkan data deskripsi yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian tahun 2019, bahwa kandungan Zn pada varietas tersebut sebesar 34,51 ppm sementara varietas lain seperti Ciherang memeiliki kandungan 24.06 ppm.

Keunggulan itulah diharapkan dapat turut mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi kekurangan gizi Zinc dan meminimalisir stunting di Indonesia. Kekurangan Zn dalam tubuh selain berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktifitas, dan kualitas hidup manusia, juga menjadi salah satu faktor kekerdilan atau stunting. Kandungan biofortifikasi pada Inpari IR Nutri Zinc diharapkan dapat membantu peningkatan nilai gizi sekaligus mengatasi kekurangan gizi besi pada masyarakat.

Varietas ini memiliki kadar amilosa 16,6 persen dan potensi kandungan Zn 34,51 ppm. Selain kaya nutrisi, varietas ini juga memiliki produktivitas tinggi, tahan WBC, Blas, dan Tungro, serta rasa nasi yang enak.