JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIDOLITKAJI

Sistem Persemaian Dapog pada Lahan Bekas Tambang

Kebun Percobaan (KP) Gantung, yang terletak di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur merupakan lahan bekas tambang yang dikelola BPTP Babel, seluas 15 hektar. Sejak dikelola lahan tersebut diperuntukkan untuk tanaman pangan, khususnya padi dan palawija lainnya. Untuk mempercepat tanam dan efisiensi, baik dari aspek tenaga, biaya dan waktu untuk penanaman dengan sistem jajar legowo (Jarwo) digunakan sistem persemaian Dapog.

Dapog merupakan media tempat tumbuh bibit padi yang ditanam secara acak dengan cara ditabur pada media tumbuh untuk disemaikan. Ukuran dapog umumnya menyesuaikan dengan jenis dan tipe rice transplanter. Jenis dapog dapat dibuat sendiri dengan menggunakan kayu, maupun buatan pabrik yang terbuat dari plastik. Jumlah dapog yang dibutuhkan untuk setiap hektar lahan berkisar 180-200 dapog.

Sampai saat ini sudah 5 kali tanam dengan dengan menerapkan sistem Dapog tersebut dengan berbagai VUB. Untuk lahan seluas 4 ha dapat diselesaikan selama 2 hari dengan menggunakan rice transplanter. Pada saat ini berbagai VUB yang ditanam antara lain Inpara 2, Inpari 19, 23, 20,34, 38, 39 dan Inpari 41. Dengan menggunakan sistem persemaian Dapog dan didukung penanaman menggunakan rice transplanter peningkatan indeks pertanaman akan lebih optimal.