JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIDOLITKAJI

Sinergi Lintas Institusi untuk Tingkatkan LTT

Pelaksanaan programn UPSUS (Upaya Khusus) PJK memberikan dampak positif terhadap peningkatan Luas Tambah Tanam (LTT) Padi di Prov. Kep. Bangka Belitung, terbukti selama lima tahun terakhir LTT Prov. Kep. Bangka Belitung mengalami peningkatan cukup drastis yang semula sebesar 10.226 ha (2013) menjadi 20.799 ha (2017). Selain LTT tentunya juga diikuti dengan peningkatan indeks pertanaman.

Untuk mencapai hal tersebut Bupati Bangka Selatan mengundang berbagai lapisan stakeholder mulai dari jajaran oelkau usaha, pendamping mupun pengambil kebijakan dalam acara rapat koordinasi UPSUS (250518).. Acara yang dibuka oleh Asiaten II, juga dihadiri oleh Dandim 413/Bnagka, Pj UPSUS Babel, Kadiatan Provinai, Kadistan Kab Bagka Selatan, DanRamil, Kadea, Camat, Mantri Tani dan PPL.

Luas tambah tanam (LTT) hingga April 2018 tercatat 4.631 ha dan dengan mempertimbangkan kondisi iklim dan agroekoaistem masih berpotensi tanam seluas 6.519 ha pada bulan Mei - Juni 2018 ini.

Kabupaten Bangka Selatan sebagai sentra Padi di Prov Kep. Bangka Belitung difokuskan untuk dapat meningkatkan LTT padi, guna mendukung program swasembada beras di Babel. Hal ini didukung dengan meningkatnya luas lahan sawah cetak baru, setiap tahunnya.

Untuk mendukung program tersebut Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan bantuan Alsintan sebanyak 204 traktor, 9 combine harvester dan 77 pompa air. Bantuan Alsintan ini diharapkan dapat digunakan secara optimal sehingga dapat meningkatkan LTT hingga 3.500 ha per bulannya.

Program UPSUS ini tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan, komitmen, dan integritas penyuluh, mantri tani, dinas pertanian, bptp bangka belitung, TNI dan BBP2TP selaku penanggungjawab UPSUS di Prov Kep Bangka Belitung untuk kerja bersama mensukseskan swasembada beras di Babel. Secara operasional hal tersebut dapat dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan alsintan dan lahan sawah bukaan baru, perbaikan jaringan drainase dan irigasi serta rekonsiliasi data secara periodik.