JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIDOLITKAJI

Dukungan Perbenihan Kelapa untuk Rintisan Agrowisata "Bumang"

Penyerahan 1000 benih kelapa dari BPTP Babel untuk Gapoktan Sejahtera, Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, selain digunakan untuk penambahan luas areal tanam kelapa juga dimanfaatkan dalam pengembangan agrowisata "Bumang" yang ditanam sekeliling embung dan di lahan bagian depan serta jalan usahatani menuju areal persawahan Desa Kemuja. Hal ini selain untuk mempercantik kawasan juga diharapkan mendukung kawasan agrowisata yang sedang dirintis.

Semangat dan motivasi para petani menjadi sangat penting bahwasannya agrowisata mampu menghasilkan pendapatan tambahan. Pemeran utama didalam agrowisata adalah petani, dan selebihnya adalah pengunjung dan pemerintah dan lembaga pendukung lainnya. Peran mereka bersama adalah penting untuk menuju sukses dalam pengembangan agrowisata.

Desa Kemuja memiliki embung yang cukup luas dengan sumber air yang terus mengalir sepanjang tahun, yang digunakan sebagai sumber pengairan lahan pertanian dan juga sangat potensial untuk mendukung wisata air. Komoditas yang dikembangkan di lahan pertanian cukup bervariasi mulai dari padi sawah dan tanaman hortikultura semusim. Sehingga sangat sesuai untuk pengembangan agrowisata.

Kedepannya masyarakat Desa Kemuja yang memiliki lahan di dalam kawasan agrowisata tetap dapat mengolah lahannya sehingga menunjang peningkatan hasil produk pertanian yang menjadi daya tarik agrowisata dan di sisi lain akan mendorong rasa memiliki dan tanggungjawab di dalam pengelolaan kawasan agrowisata secara keseluruhan untuk dapat berkembang lebih maju.Melalui pengembangan agrowisata akan menciptakan multiplayer effect antara lain promosi produk pertanian desa, meningkatkan volume penjualan,meningkatkan membantu meningkatkan pendapatan petani masyarakat sekitar dengan berbagai bidang usaha penunjang wisata.