JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gelar Teknologi Rehabilitasi Lahan Bekas Tambah Timah Untuk Pertanian

#SobaTani dan #SeperadikTani, salah satu upaya meningkatkan produktivitas sektor pertanian adalah melalui pemanfaatan lahan-lahan bekas tambang yang terbentang luas di negeri Negeri Serumpun Sebalai, Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Badan Litbang Pertanian yang dimotori Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian, sejak tahun 2016 telah melaksanakan rehabilitasi lahan bekas tambang timah untuk pertanian, tepatnya di Desa Bukit Kijang kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah. Dengan berbagai teknik rehabilitasi lahan, lahan yang dulunya gersang perlahan mulai menghijau dengan berbagai komoditas pertanian, baik pangan, hortikultura dan perkebunan. Termasuk halnya hijauan pakan ternak sebanyak 10 jenis. Ketersediaan hijauan pakan menjadi penting, karna melalui pendekatan integrasi tanaman-ternak, akan sangat mendukung terhadap kegiatan rehabilitasi lahan melalui pengembalian bahan organik kedalam tanah yang dihasilkan ternak.

Untuk mendiseminasikan inovasi teknologi rehabilitasi lahan bekas tambnag untuk pertanian, BBSDLP Balitbangtan melaksanakan Temu Lapang Gelar Teknologi Rehabilitasi Lahan Belas Tambang Timah untuk Pertanian. Acara yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Bnagka Tengah juga dihadiri oleh Kepala Balingtan, para Profesor Riset, Peneliti BBSDLP, Puslitbangnak, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Bappeda, Kepala BPTP Babel, Camat Namang, Keplaa Desa Bukit Kijang, penyuluh dan kelompok tani di Bangka Tengah. Sekda Bangka Tengah dalam sambutannya jug mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Balitbangtan terhadap upaya-upaya menghijaukan kembali lahan-lahan bekas tambang timah do Bangka Tengah, dengan harapan dapat difeplikasi pada daerah-daerah lainnya.