JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bangka Selatan Masih Bergulir Panen

Di lokasi Desa Sumber Jaya Permai, Trans 4 Kecamatan Payung, Bangka Selatan padi ladang mulai menguning dengan luasan 150 hektar yang siap akan dipanen. Panen yang dilaksanakan seluas 2 hektar menghasilkan provitas 2 t/ha dengan menggunakan varietas lokal. Harga jual GKP yang berlaku di lokasi Rp. 6000/kg. Panen raya diperkirakan akan berlnagsung pada bulan februari bulan depan.

Panen Padi Ladang juga Berlanjut di Bangka Selatan

Setelah beberapa waktu lalu panen padi ladang menyelimuti kabupaten Bangka dan Bangka Barat, saat ini giliran Kabupaten Bangka Selatan menuai panen padi ladang yang berlangsung di Desa Malik Kecamatan Payung pada luasan 25 hektar dengan menggunakan varietas lokal. Provitas yang dicaoai berkisar antara 2 - 3 t/ha GKP dengan harga Rp. 5000/kg.

Panen Lahan Sawah Tadah Hujan Siap Mendukung Swasembada Pangan

Meskipun lahan sawah tadah hujan yang baru dicetak tahun 2016, namun semangat petani untuk mengolahnya patut kita apresiasi. Potensi panen lahan sawah tadah hujan di Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka mencapai 50 hektar dari luas total 150 hektar. Petani menggunakan varietas lokal yang sudah adaptif terhadap agroekosistem lahan bukaan baru tersebut. Provitasnya berkisar 2- 3 t/ha dengan harga jual mencapai Rp 6000 GKP.

Petaling Juga Menghasilkan Butiran Emas

Nama Petaling umumnya dikaitkan dengan nama salah satu varietas unggul lada baik itu Petaling 1 ataupun Petaling 2. Namun wilayah Desa Petaling yang termasuk Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, kali ini saatnya juga menghasilkan butiran emas atau gabah karena memasuki musim panen padi. Pada lahan bukaan baru seluas 70 ha yang dicetak pada tahun 2016 dengan varietas Ciliwung mampu menghasilkan 3.5 t /ha gabah kering panen dengan harga jual Rp 4500 - 5000 atau Rp 9000 setara beras.

Labu Air Pandan Panen Masih Tetap Berlangsung

 

Medan yang sulit dijangkau tidak menyurutkan niat petani dan tim pendamping panen untuk melkasakan pemantauan panen padi ladnah di Desa Labu Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Dengan luas lahan sekitar 150 hektar dan potensi panen 70 hektar, Kepala Desa, BPD dan Tim BPTP melaksakan pemantauan panen padi ladang dengan kisaran provitas 2.5 - 3 t/ha. Saat ini harga jjal mencapai Rp 6500/kg GKP. Dengan masih banyaknha spot-spot area panen di nusantara, sudah perlukah kita untuk mengimpor beras...?