JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Padi Gogo di Kab. Bangka

Panen pagi gogo/padi ladang kali ini juga terdapat di Kabupaten Bangka tepatnya di Desa Maras Senang Kecamatan Bakam yang memiliki potensi sekitar 50 hektar. Varietas unggul lokal "Balok" merupakan beras merah yang dominan ditanam dengan produktivitas 2.3 t/ha. Meskipun beras lokal harga jual beras merah ditingkat petani mencapai Rp. 13.000 - Rp. 15.000.

Perpustakaan

perpustakaan   

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai koleksi buku, journal, buletin, leaflet dan brosur. Pengungjung yang memanfaatkan sarana perpustakaan ini adalah para peneliti, penyuluh, mahasiswa, siswa, karyawan dinas lingkup pertanian, masyarakat umum, dan dosen. Link terkait klik disini.

Laboratorium

Perbanyakan antagonisUntuk mendukung kegiatan pengkajian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung dilengkapi dengan sarana laboratorium. Beberapa peralatan yang tersedia seperti tabung reaksi, oven, timbangan, pengukur PH tanah dan lain-lain. Laboratorium ini merupakan klinik OPT dan salah satu kegiatannya adalah perbanyakan antagonis

 

Unit Alih Teknologi

Pembenihan lada 

Kegiatan Unit Alih Teknologi berpusat di Green House BPTP Kepulauan Bangka Belitung. Unit Alih Teknologi ini menyediakan benih pertanian seperti benih lada, benih Durian Namlung dan beberapa benih tanaman pertanian dengan harga terjangkau. Info harga dan stok benih dapat menghubungi langsung ke BPTP Babel.

Sejarah

Sebelum tahun 2003, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Bangka Belitung bernama Lembaga Penelitian Tanaman Industri (LPTI). LPTI Sub Station Bangka didirikan pada tahun 1973. Pada tahun 1980, status LPTI ditingkatkan menjadi Sub Balai Penelitian Tanaman Industri dan pada tahun 1985, berganti nama menjadi Kebun Percobaan Petaling Bangka. Pada tahun 1994, kebun Percobaan Petaling Bangka berganti nama  menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Petaling Bangka dan pada tahun 2001, IP2TP berganti nama menjadi Kebun Percobaan Petaling di bawah Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BP2TP) Bogor.

 

Seiring dengan perubahan status Bangka Belitung menjadi propinsi baru, maka  pada tahun 2003, Badan Litbang Departemen Pertanian meningkatkan status Kebun Percobaan Petaling menjadi esselon III A dengan nama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Bangak Belitung, melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 633/KPTS/OT.140/12/2003 tertanggal 30 Desember 2003.