JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknik Penyerbukan Salak

 

 

Salak merupakan salah satu buah tropis asli Indonesia yang banyak di gemari masyarakat. Salak termasuk tanaman ‘Polygamous’ artinya tanaman jantan hanya menghasilkan bunga jantan dan tanaman betina hanya menghasilkan bunga betina, tetapi tanaman sempurna dapat menghasilkan bunga jantan dan bunga betina atau bunga jantan dan bunga sempurna. Pada tanaman salak yang menyerbuk silang, penyerbukan tidak akan terjadi bila tidak ada bantuan angin, atau serangga atau manusia.Penyerbukan dengan bantuan angin hasilnya lebih rendah bila dibandingkan dengan penyerbukan bantuan manusia atau serangga.

 

Penyerbukan bantuan serangga:

Hewan polinator untuk penyerbukan bunga biasanya kupu kupu dan lebah, tetapi bunga salak dilakukan penyerbukan oleh sejenis kumbang.

  1. Salak yang bisa dilakukan penyerbukan oleh kumbang adalah bunga salak jantan yang memiliki aroma kuat ketika mengalami pembungaan
  2. Ketika kumbang berada di bunga salah jantan yang tengah berbunga maka serbuk sari jatuh dan melekat pada tubuh kumbang.
  3. Selanjutnya bunga salak betina yang memiliki aroma kuat dan berbunga akan dihampiri oleh kumbang. Pada kondisi yang mendukung seperti kumbang membawa serbuk sari bunga salak jantan maka penyerbukan dapat terjadi.
  4. Lalu menaruhnya di atas bunga salak betina. Keberhasilan penyerbukan ini terjadi apabila jumlah serbuk sari yang dibawa kumbang banyak sehingga pembuahan cepat terjadi.

Saat yang terbaik serbuk sari dari bunga jantan dipergunakan untuk penyerbukan yaitu ketika bunga jantan mekar dan mengeluarkan serbuk warna kuning; Biasanya bunga berbau harum yang khas dan dapat tercium dari jarak yang agak jauh. Apabila persediaan bunga jantan sedikit maka serbuk sari dapat disimpan.

 

Penyerbukan dengan bantuan manusia :

 

  1. Pilih bunga salak jantan dan bunga salak betina yang akan dilakukan untuk penyerbukan. Syarat bunga salak jantan dan betina dapat dilakukan penyerbukan adalah bunga salak jantan yang menghasilkan serbuk sari yang melimpah dan betina yang usianya sudah cukup untuk dilakukan penyerbukan.
  2. Taruh bunga salak jantan diatas bunga betina. Adapun bagian bunga salak jantan bisa anda iris menjadi 3 bagian supaya terjadi penyerbukan sendiri. Hal ini untuk mencegah pula terjadinya serbuk sari yang kurang selama proses penyerbukan.
  3. Tunggu hingga 1 bulan sampai bunga jantan dan bunga betina menghasilkan bakal buah.

Cara memanen dan menyimpan bunga jantan yaitu dengan tiap tongkol bunga jantan yang sudah mekar dan memiliki serbuk sari warna  kuning, kemudian diketuk-ketukan pada alas kertas kemudian dibersihkan dari kotoran. Dimasukkan plastik kedap udara dan disimpan di suhu  5-10 oC. Dengan cara ini serbuk sari dapat dipertahankan kualitasnya antara 1-3 Bulan. Penyerbukan dengan bantuan manusia dapat dilakukan dengan membersihkan seludang bunga yang sudah mekar kemudian meletakkan satu malal bunga jantan yang mekar diatas bunga sempurna atau bunga betina dan selanjutnya diberi sungkup dari daun salak agar tidak terkena air hujan. Persarian dapat juga dilakukan dengan cara mengetuk-ngetuk bunga jantan yang sudah mekar pada bunga betina. Waktu penyerbukan sebaiknya dilakukan 2 hari setelah bunga mekar.