JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

“Gedebog Pisang” Sebagai Media Tanam Sayuran

Hampir di setiap pelosok desa bisa kita jumpai pohon pisang. Pohon yang memunyai nama latin Musa Paradisiaca ini bisa dimanfaatkan mulai dari akar hingga buahnya. Tapi kebanyakan kita hanya memanfaatkan buah dan daunnya saja

Selain dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik atau BOKASHI, ternyata gedebog pisang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran. Ini juga bisa digunakan sebagai media alternatif untuk yang mempunyai lahan pekarangan sempit serta daerah yang kurang atau terbatas sumber airnya.

Keunggulan dari gedebog pisang ini diantanya mengandung banyak pati, yang berfungsi sebagai sumber nutrisi tanaman dan juga mengandung mikroorganisme didalamnya yang akhirnya menjadi kompos. Selain itu, gedebog pisang juga memliki senyawa penting seperti Antrakuinon Saponin dan Flavonoid. Peran dari senyawa Antrakuinon pada tanaman yaitu untuk mendorong tumbuhnya rambut akar pada tanaman, yang berguna untuk membantu tanaman menyerap nutrisi. Kadar air yang terkandung dalam gedebog pisang mencapai 80%, dan ini sangat menjanjikan sebagai media tanam sayuran.

Untuk perawatan sayuran di media tanam ini tidaklah sulit, cukup dengan penyemprotan pupuk cair organik setiap lima hari sekali dan di selingi dengan pengendalian hama, yaitu dengan menggunakan pestisida organik buatan sendiri. Jenis sayuran yang bisa ditanam dengan media ini, yaitu cabe, terong, tomat, bayam,sawi, kangkung dan sejenisnya. Cara menanam sayuran menggunakan media gedebog pisang, yaitu Benih sayuran, beberapa gedebog pisang, pupuk Bokashi, tanah serta kaleng bekas berdiameter kurang lebih 10 cm. Cara membuatnya : Buat penyangga dari kayu, bambu atau besi, ini digunakan untuk meletakkan gedebog pisang secara horizontal. Selanjutnya, lubangi gedebog pisang dengan menggunakan kaleng bekas tadi lalu tempatkan dengan jarak sekita 15-20 cm. Satu gedebog pisang bisakita buat dua jalur lubang. Setelah lubang jadi, lanjutkan dengan pengisian tanah dan bokashi dengan perbandingan 2:1 (2 untuk tanan dan 1 untuk bokashi) kedalam lubang gedebog pisang. Setelah itu, diamkan selama 2-3 hari,media pun siap digunakan untuk menanam benih sayuran yang hendak kita budidayakan.

Sumber : kabartani.com