JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIDOLITKAJI

Fermentasi Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak Sapi

Perkebunan Sawit saat ini khususnya di kepulauan Bangka Belitung yang semakin tahun semakin berkembang baik perkebunan rakyat maupun skala industri. Salah Satu hasil sampingan atau bisa dikatakan limbah dari perkebunan kelapa sawit adalah Pelepah Daun Sawit yang cukup melimpah dan bias dimanfaatkan sebagai Pakan Ternak. Pelepah Sawit Sendiri Mempunyai kandungan nutrisi yaitu BK 26.5 %, SK 50,94 %, PK 5,10 % dan LK 1 %.

Di Kebun Percobaan Petaling kami mencoba memanfaatkan Pelepah Sawit tersebut sebagai Pakan Ternak Sapi dengan memproses pelepah sawit melalui Fermentasi dengan tujuan meningkatkan nilai gizi dan mempermudah dalam penyimpanan stock pelepah sawit yang tersedia. Kegiatan ini juga untuk menunjang Sistem Integrasi Sapi Sawit.

Adapun Formulasi dari Fermentasi Pelepah Sawit Tersebut adalah :

Bahan Pakan Utama

%

Keterangan

Pelepah Sawit

70

 

Bungkil Sawit

20

 

Dedak

10

 

 

 

 

Bahan Tambahan

 

 

Molases

3

% dari total Bahan

Garam

1

% dari total Bahan

Bakteri Starter

1 tutup botol untuk 10 L air

Menggunakan Produk EM4

Proses Pembuatan Fermentasi Pelepah Sawit :

  1. Potong-potong pelepah sawit dengan Mesin Choper
  2. Buat larutan Probiotik atau Starter dengan mencampurkan Molases dengan bakteri starter dan Air (1 liter Molases ditambahkan air sebanyak 10 liter) untuk starter sesuai kebutuhan dan diamkan selama 15 menit
  3. Campur Bahan-bahan pakan tersebut seperti Pelepah Sawit, Bungkil sawit dan Dedak (bagian yang paling banyak ada dipaling bawah)
  4. Siram campuran bahan-bahan tersebut dengan menggunakan larutan Probiotik tersebut sampai rata bisa menggunakan Gembor Air kemudian Aduk sampai rata.
  5. Jika Bahan-bahan tersebut dalam Jumlah besar, proses pencampurannya bisa menggunakan teknik lapisan-lapisan yaitu buat campuran Pelepah, Bungkil dan Dedak setinggi 10-15 cm dan siram dengan larutan Probiotik kemudian buat lapisan diatasnya dengan proses yang sama sampai bahan habis kemudian baru diaduk secara merata.
  6. Masukkan Campuran tersebut kedalam Drum Palstik/Silo dengan memadatkannya agar tidak ada udara kemudian tutup dengan Plastik.
  7. Fermentasi secara Anaerob selama kurang lebih 7-14 hari dan pakan siap diberikan kepada sapi.