JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

LADY BUG: SEJENIS TAPI BERBEDA PERAN

#SeperadikTani, ada yang tahu dengan Lady Bug? Lady Bug adalah sejenis serangga yang tergolong ke dalam kelompok kumbang (ordo Coleoptera) famili Coccinellidae. Ada yang menyebutnya kumbang koksi, kumbang kubah dan ada juga yang mengenalnya dengan kumbang bemo, mungkin karena bentuknya yang menyerupai bemo. Tubuh kumbang koksi berbentuk bulat dengan sayap keras di bagian punggung yang disebut elitra. Elitranya ada yang berwarna merah, orange, hitam, kuning dan ada yang berpola totol-totol berwarna hitam. Kumbang ini memiliki penampilan menarik dan tidak berbahaya bagi manusia, tapi jenisnya ada yang merupakan hama dan ada yang menjadi sahabat petani.

Kumbang koksi memiliki cara unik dalam mempertahankan diri. Bila merasa terancam bahaya, ia akan berpura-pura mati dengan cara membalikkan tubuhnya dan menarik kakinya ke dalam atau langsung terbang menjauh ketika dalam ancaman. Sebagai mekanisme perlindungan lebih lanjut, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning dari persendian kakinya. Cairan ini memiliki bau dan rasa yang tidak enak sehingga jika berhasil, pemangsanya tidak jadi memakannya karena tidak tahan dengan aroma cairan tersebut (Dekker, 2003).

Nah #SobaTani, jenis kumbang koksi hama salah satunya adalah Epilachna admirabilis yang diketahui memakan daun tanaman budidaya dari seperti daun terong, semangka, pare dan labu, Kumbang E. admirabilis warnanya terlihat kusam, bertotol dan tidak mengkilat (Trisnadi, 2010). Kumbang ini merusak pada fase larva hingga dewasa. Pada saat makan E. admirabilis akan meninggalkan jejak pada daun bekas makanannya, tidak memakan urat daun dan juga memimbulkan kerusakan pada nektar dari tanaman.

Kumbang koksi predator yang dimanfaatkan sebagai agens pengendali hayati diantaranya: Chilocorus politus (berwarna orange dan elitranya tidak bertotol), Coccinella arcuata (berwarna merah dan elitranya bertotol). Mangsa utamanya adalah kutu daun (Aphididae spp.), kutu sisik (scale insect) dan telur serangga. Sebagian besar kutu daun yang dimangsa merupakan hama utama pada berbagai tanaman pertanian. Kumbang koksi memiliki kaki yang pendek serta kepala yang terlihat membungkuk ke bawah. Posisi kepala seperti ini membantu saat makan mangsa. Kumbang koksi predator dikenal sebagai serangga ramah lingkungan yang mampu membantu petani dalam mengatasi serangan hama kutu daun. Selama hidupnya, seekor kumbang koksi dapat memangsa hingga 1000 serangga kecil dan kumbang koksi predator ditandai dengan warna elitra tegas dan mengkilat.