JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PENYAKIT BLAS PADA PADI DAN PENGENDALIANNYA

Penyakit blas sering disebut busuk atau patah leher. Ada juga yang mengatakan bercak belah ketupat karena gejala bercak cokelat pada daun berbentuk belah ketupat. Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur Pyricularia grisea dan dapat berkembang pada tanaman selain padi seperti gandum, sorgum dan spesies rumput-rumputan.

Penyakit blas dapat menurunkan hasil secara nyata karena menyebabkan leher malai mengalami busuk atau patah sehingga proses pengisian malai terganggu dan banyak terbentuk bulir padi hampa. Jamur P. grisea dapat menginfeksi pada semua fase pertumbuhan mulai dari persemaian sampai panen. Pada fase pertumbuhan generatif, gejala penyakit blas berkembang pada tangkai/leher malai yang dapat mencapai bagian gabah sehingga menjadi media penularan patogen (tular benih /seed borne). Penyakit blas menyukai kondisi kelembaban yang tinggi. Faktor lain yang mendukung perkembangan penyakit blas adalah pemakaian pupuk nitrogen yang berlebihan dan stres kekeringan. Pengaruh nitrogen terhadap sel epidermis menyebabkan peningkatan permeabilitas dinding sel dan menurunnya kadar unsur silika (Si), sehingga jamur lebih mudah melakukan penetrasi. Sumber inokulum primer penyakit blas di lapang adalah jerami. Di daerah tropis sumber inokulum selalu tersedia sepanjang tahun karena adanya spora di udara dan tanaman inang alternatif selain padi.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan penyakit ini?
Gunakan varietas tahan sesuai dengan sebaran ras yang ada di daerah setempat
Gunakan benih sehat.
Hidarkan penggunaan pupuk nitrogen diatas dosis anjuran.
Hindarkan tanam padi dengan varietas yang sama terus menerus sepanjang tahun.
Sanitasi lingkungan harus intensif karena inang alternatif patogen dapat berupa rerumputan.
Upaya untuk melakukan penanam padi serentak di daerah
Hindarkan jarak tanam rapat (sebar langsung).
Jika serangan berat, maka dapat menggunakan fungisida berbahan aktif Isoprotiolan, Trisiklazole, Kasugamycin, dan Thiophanate methyl.
Nah #SobaTani untuk informasi lengkapnya ada di
https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/…/penyakit-blas-pada…