JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BUAH JERUK PECAH DI DAHAN

Pecah buah jeruk disebut juga Citrus sinensis Osbeck disebabkan oleh perubahan kadar air tanah, suhu dan kelembaban secara tiba-tiba, dan penyerapan hara yang berlebihan. Sebagai contoh turunnya hujan pada musim kemarau menyebabkan pembesaran buah menjadi abnormal sebagai akibat dari fluktuasi yang ekstrim antara kadar air, suhu dan kelembaban sehingga menyebabkan kulit buah menjadi pecah. Selain itu, kekurangan unsur hara seperti Kalsium (Ca) dalam tanaman membuat permeabilitas sel menjadi lemah, sehingga terjadi penyerapan air dan hara yang mendadak pada saat hujan setelah masa kering yang panjang, tidak mampu diimbangi oleh sel kulit buah sehingga sangat rentan terhadap terjadinya pecah buah.

Upaya apa saja yang dapat kita lakukan agar pecah buah jeruk dapat kita kendalikan?

  1. Penggenangan parit kebun merupakan upaya untuk menjaga kelembaban dan suhu tanah di sekitar perakaran agar tidak berubah secara ekstrim ketika terjadi hujan. Air penggenangan dapat berasal dari sumber air terdekat yang dialirkan ke parit menggunakan pompa air.
  2. Pemberian pupuk anorganik. Unsur hara N, P, K harus diberikan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman yagar lebih baik.
  3. Pemberian pupuk organik bertujuan untuk menambah kemampuan tanah dalam menyerap dan menyimpan air sehingga dapat membantu menjaga ketersedian air terutama pada musim kemarau.
  4. Pemasangan mulsa bertujuan untuk mengurangi penguapan air tanah sehingga pada musim kemarau tidak terlalu kering. Mulsa yang digunakan dapat berasal dari gulma yang telah disiang.
  5. Penambahan Hara Kalsium (Ca) berperan dalam meningkatkan permeabilitas sel sehingga lebih mampu mengimbangi pembesaran buah yang cepat ketika turun hujan akibat menyerap hara dan air lebih banyak dibandingkan saat musim kemarau. Pupuk Ca diberikan dengan cara dikocor (drenching) dengan dosis 2 gram/liter sebanyak 10 liter larutan pupuk Ca/ tanaman. Pupuk Ca diberikan sebanyak tiga kali yaitu pada awal, pertengahan dan akhir stadia cepat pertumbuhan buah.