JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

EARTAG, TANDA PENGENAL PADA TERNAK

Identifikasi pada ternak sangat perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk membedakan ternak satu dengan yang lain, terutama untuk membedakan antara ternak yang memiliki warna, bulu, dan bentuk tubuh yang mirip. Identifikasi ini dilakukan pada ternak untuk penelitian, untuk rekaman (program pemuliaan), dan ternak yang dipelihara di pertanian yang luas.

Zaman dulu para peternak menandai ternaknya dengan cara mencap bagian belakang (panggul ternak) dengan besi panas yang sudah dicetak kode atau nomor. Namun seiring perkembangan zaman saat ini penanda ternak ada beberapa jenis seperti eartag, kalung nomor, tato, branding, dan bentukan telinga. #SeperadikTani kali ini kita akan membahas pemasangan nomor telinga atau eartag. Karena penggunaan eartag jauh lebih mudah, murah, tahan lama, dan lebih banyak digunakan.

Eartag adalah nomor atau kode yang terbuat dari plastik keras dan dipasang dengan tekhnik permanen sehingga tidak bisa dilepaskan atau dicopot kecuali dengan merusaknya. Pemasangan eartag biasanya dipasang didaun telinga supaya mudah dilihat dan mudah dipasang karena bagian daun telinga lunak. Eartag sebaiknya dipasang pada saat ternak masih muda atau pedet, hal ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan ternak stress.
Manfaat pemasangan eartag adalah untuk memudahkan dalam melakukan recording, memudahkan pelaksanaan seleksi, dan memudahkan dalam monitoring dan tatalaksana pemeliharaan.

Cara pemasangan eartag :
Siapkan alat dan bahan
Alat : eartag aplikator dan kandang jepit
1. Bahan : eartag, antiseptik dan kain kasa
2. Masukkan ternak kedalam kandang jepit
3. Bersihkan daun telinga ternak dari debu dan
kotoran
4. Memasang eartag pada jarum eartag
aplicator
5. Menekan eartag aplicator bila sudah didaun
telinga hingga eartag aplicator terpasang.
6. Kode nomor atau angka sebagai pengenal
dibagian luar.
7. Melepas eartag aplicator pada daun telinga
lalu berikan antiseptik pada telinga yang
telah dipasang eartag.
8. Lepas sapi dari kandang jepit dan
dikembalikan kekandang. Jika ternak terlihat
stress maka lepaskan ternak dipadang
gembala terlebih dahulu.