JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Hari ini Mentan Panen Jagung Secara Serentak di Seluruh Indonesia

 
Pada hari ini Rabu (29/09/21) Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) lakukan panen Jagung Nusantara Serentak di Seluruh Indonesia yang di pusatkan dari Kabupaten Grobokan, Provinsi Jawa Tengah.
Turut hadir secara virtual Kepala BPTP Babel yang diwakili oleh Kasubag TU Ahmadi, M.Sc yang didampinggi oleh Peneliti dan Penyuluh BPTP Babel bersama Kabid TPH Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel Irman, SP, Sekdin Badan Ketahan Pangan Kabupaten Bangka Tengah dan Karantina Pertanian Kelas II A Pangkalpinang serta Kordinator BPP Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah beserta PPL dan Petani Jagung Desa Pedindang, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.
 
SYL berpesan kepada seluruh pemangku jabatan di Indonesia untuk sama sama mendukung kemajuan pertanian karena pertanian adalah pilar ekonomi dan pilar kesejahteraan bangsa serta penyedia lapangan kerja.
Mentan juga menyampaikan bahwa produksi jagung tahun ini diperkirakan 15 juta ton sedangkan konsumsi jagung tahun ini sekitar 13 juta ton sehingga dipetkirakan masih sisa 2 juta ton serta caryover 1 juta ton jadi masih ada stok jagung 3 juta ton.
Mentan juga berharap setelah panen raya ini agar petani jagung menanam kembali agar ketersediaan jagung nasional terjamin dengan baik.

Kepala BPTP Babel Hadiri Tanam Perdana SL-PIT Padi Gogo di Mendo Barat Mendo Barat - Senin (27/09/21) Kepala BPTP Babel menghadiri penanaman padi gogo di Desa Paya benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiata

 
Mendo Barat - Senin (27/09/21) Kepala BPTP Babel menghadiri penanaman padi gogo di Desa Paya benua, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Sekolah Lapang Penerapan Inovasi Teknologi (SL-PITP) Pertanian Padi Gogo yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel. Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel bersama Kabid TPH, Kabid PSP, Kepala Balai Proteksi, Kepala BPSM, dan penyuluh.
 
Dalam sambutannya, Ir Kemas Arfani menyatakan bahwa kegiatan ini bentuk kepudulian pemerintah terhadap kesejahteraan petani khususnya di Desa Payabenua. Lebih lanjut diungkapkan melalui kegiatan ini dapat mengembalikan Desa Payabenua menjadi lumbung padi gogo di Kabupaten Bangka. Sementara itu Kepala BPTP Kep. Babel , Dr. Suharyanto, menyampaikan agar para petani peserta Sekolah Lapang menjaga kekompakan sehingga kegiatan ini sukses. Terkait masalah teknis Dr. Suharyanto menyampaikan agar petani mewaspadai penyakit blas karena dengan kondisi iklim saat ini penyakit tanaman padi rentan terhadap serangan penyakit tersebut. Varietas yang digunakan adalah raden, mayang pandan dan runteh. Ketiga varietas ini sangat disenangi oleh petani dan memiliki produksi yang cukup baik.

Selamat Hari Tani Nasional!

 
Tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional dalam rangka meningkatkan peran sektor pertanian dalam berbagai aspek di Indonesia.
Diharapkan dari Hari Tani Nasional ini, dapat mewujudkan pertanian yang lebih Maju Mandiri dan Modern serta pertanian Indonesia mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional seperti pemenuhan konsumsi dalam negeri, meningkatkan penerimaan devisa negara, pengelolaan sumber daya alam.
Terimakasih kami sampaikan kepada semua petani Indonesia yang tanpa lelah bekerja untuk memproduksi pangan. Semoga pertanian kita semakin maju dan petani kita semakin sejahtera ??

Hari Tani Nasional

 
Bertani itu hebat, hadirkan pangan yang beragam dan sehat
Menjadi petani itu keren, tak hanya tentang sawah, tapi juga manajemen
Selamat Hari Tani Nasional 2021
Terima kasih untuk semua petani
Salam hormat dari kami

BPTP BABEL MENDUKUNG KAMPANYE GERAKAN DIVERSIFIKASI PANGAN

 
Koba - Rabu (220921) Bertempat di Kabupaten Bangka Tengah dilakukan Gerakan Kampaye Diversifikasi Pangan yang lokus kegiatanya dilakukan di Halaman Kantor Bupati - Bangka Tengah. Turut hadir dalam kampanye gerakan diverisifikasi pangan ini dari BPTP Babel diwakilkan oleh Dr. Irma Audiah Fachrista dan Minas Tiurlina S.P., M.Si. Acara Gerakan Kampanye Diversifikasi Pangan dibuka oleh Bupati Bangka Tengah Algafri Rachman, ST dengan pemotongan tumpeng berbahan pangan lokal ubi kayi dan beras aruk dan selanjutnya dilakukan kunjungan ke stan pameran hasil panen KWT se- Bangka Tengah berupa sayuran dan hasil olahan singkong dan ubi.
 
Bupati Bateng dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah secara gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangan, baik untuk jenis karbohidrat, protein hewani dan protein nabati serta sumber vitamin dan mineral yang menjadikan kualitas gizi lebih baik. Adapun alternatif pangan lokal yang dapat digunakan adalah ubi jalar, ubi kayu, kentang, kemili, sukun, sagu, dll. Turut hadir dalam gerakan kampanye diversifikasi pangan lokal ini adalah sekda Bangka Tengah yang didampinggi oleh Kepsla Dinas Psngan Kabupaten Bangka Tengah Petbankan serta Perwakilan KWT se Kabupaten Bangka Tengah.