JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KIPRAH INDONESIA PRO RRI SUNGAILIAT BULAN SEPTEMBER 2021

 
TEMA : BUDIDAYA PROLIGA BAWANG MERAH
Kiprah Indonesia Pro Station RRI Sungailiat Provinsi Bangka Belitung, dimana BPTP Balitbangtan Babel mendapat jadwal minggu ke 4 setiap bulannya.
Untuk bulan September 2021 akan dilaksanakan pada hari Senin, 20 September 2021 melalui Station RRI Sungailiat pukul 19.30 - 20.00 WIB.
Tema siaran kali ini adalah adalah tentang : Budidaya Proliga Bawang Merah yang akan disampaikan oleh narasumber Peneliti Ahli Pertama BPTP Babel ; Fitri Yuliani, SP., M.Si
Teknologi Budidaya Proliga (Produksi Lipat Ganda) Bawang Merah merupakan Inovasi Teknologi Balitbangtan untuk meningkatkan produksi bawang merah di Indonesia, salah satu komponen teknologi yang digunakan adalah penggunaan benih TSS (True Seed Shallot).
Penggunaan benih TSS merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketersediaan dan mahalnya harga benih bawang merah yang berasal dari umbi. Penggunaan benih TSS juga memilik beberapa keungglan antara lain hemat benih, masa simpan benih lebih lama dan bebas virus penyakit tular benih. Dengan penggunaan benih TSS diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
Nah menarik kan Sobat tani....Yook ikuti dan jangan lewatkan dialog interaktif yang akan dipandu oleh Mbk Ratna Agus Sari pada hari senin malam pukul 19.30 -20 00 WIB melalui Siaran RRI Pro Sungailiat.

Selamat, Menteri Pertanian Terpilih Sebagai Ketua G20 di Italia

 
Sobat Tani, Keluarga Besar Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan selamat atas terpilihnya Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, sebagai Ketua G20 Bidang Pertanian, mengantikan pejabat sebelumnya dari Italia dalam Agriculture Ministers Meeting G20 di Florence, Italia (17/09/21).
Dalam pertemuan itu, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak negara G20 meningkatkan peran sektor pertanian berkelanjutan dalam pencapaian Sustainable Development Goals, SDGs terutama untuk Afrika.
Mentan menekankan negara G20 harus memegang peran penting dalam membangun lingkungan global yang kondusif untuk mendorong investasi di sektor pertanian serta memastikan perdagangan pangan dan pertanian yang adil dan lancar, khususnya untuk mendukung Africa dalam pencapaian target SDG 2030 terutama tujuan 2 yaitu “penghapusan kelaparan”.
 

Pemanfaatan Pekarangan Bantu Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

 
Di tengah pandemi Covid 19 yang diperkirakan menimbulkan ancaman krisis pangan, Kementerian Pertanian mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga, namun dapat juga mengurangi pengeluaran bahkan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal.
Hari ini Rabu 15 September 2021 diadakan Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang diikuti oleh KWT dari Kota Pangkalpinang dan Penyuluh Kab. Bangka. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Suharyanto SP. MP. Selaku Kepala BPTP Babel dan didampingi oleh Lurah Kampung Keramat, Joni Badri, SE. Dalam sambutannya Suharyanto berharap kegiatan Bimtek ini dapat menambah wawasan Ibu-ibu KWT sehingga dapat memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pemenuhan gizi keluarga secara optimal.
 
Materi yang diberikan antara lain Budidaya Tanaman lada dalam Polybag yang disampaikan oleh Ir. Suwardih, penyuluh senior di BPTP Babel. Dalam pemaparannya Suardi menyampaikan bahwa tanaman lada diantara berbagai jenis bunga dipekarangan akan menambah estetika sekaligus melambangkan ciri khas spesifik masyarakat Bangka Belitung. Materi kedua tentang budidaya tanaman hidroponik, disampaikan oleh Ibu Nuraini SP. M.Sc, dan materi ketiga tentang pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga oleh Bapak Dr. Issukindarsyah, SP. M.Sc.
Kegiatan bimtek dilanjutkan dengan peninjauan green house BPTP Babel untuk melihat budidaya tanaman hidroponik sayuran, display tanaman lada didalam polybag, pembibitan durian, pembibitan kopi robusta dan juga tanaman koleksi SDG Bangka Belitung. Selain itu juga ditampilkan mini pameran untuk memperkenalkan berbagai teknologi dan produk unggulan Badan Litbang Kementerian Pertanian.
 

Monitoring Kegiatan Hilirisasi VUB Jagung Balitbangtan

 
Pulau Besar (18/09/21) - Kepala BPTP Babel Dr. Suharyanto yang di dampinggi oleh Ahmadi, M.Sc melakukan monitoring kegiatan Hilirisasi Demplot VUB Jagung Balitbangtan di Desa Sumber Jaya Permai, Kec. Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan.
Alhamdulillah kondisi tanaman cukup baik, walaupun belum maksimal karena faktor iklim yang diperkirakan kemarau namun malah sebaliknya sehingga serangan OPT cukup tingggi antara lain ulat grayak serta luapan air/banjir setelah pemupukan ketiga, sehingga diperkirakan belum optimal hasilnya.
 
Namun demikian menurut petani koperator maupun petani sekitarnya sudah cukup baik pertumbuhan tanaman ini sehingga pada musim berikutnya ada keingonan petani untuk menanam lagi dan ingin mendapatkan benih jagung yang kami Diseminasikan ini antara lain NASA 29, JH 29 dan JH 37.

Pelaksanaan SKD CASN 2021 Lingkup Kementan di Babel

 
Pangkalpinang, Hari Sabtu dan Minggu tanggal 11 - 12 September 2021 Kementan RI melakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN 2021 di UPT BKN Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Calon peserta yang mengikuti tes CASN 2021 Lingkup Kementan RI di UPT BKN Pangkalpinang sebanyak 75 orang.
Penanggung jawab pelaksanaan SKD CASN 2021 Lingkup Kementan RI di BKN Pangkalpinang adalah Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan dan dibantu oleh 2 Instansi Vertikal Kementan yang ada di daerah yaitu BPTP Balitbangtan Babel serta Karantina Pertanian Kelas II A Pangkalpinang.
Dpelaksanaan SKD CASN 2021 tetap menerarapkan prokes pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu ; memakai masker 2 lapis, mencuci tangan,, menjaga jarak dan tidak berkerumun.
Alhamdulillah pelaksanaan SKD CASN/CPNS 2021 Lingkup Kementan RI selama 2 hari ini berjalan lancar hingga selesai pada hari ini.