JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Majukan SDM Pertanian, Pemprov Babel serius dirikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)

 
Sebagai tindak lanjut dari hasil audiensi Gubernur Provinsi Bangka Belitung Dr. Erzaldi Rosman dengan menteri pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementerian Pertanian RI pada tanggal 27 Januari 2021, maka dilakuan rapat persiapan pendirian dan Survey Calon Lokasi Polbangtan dengan Tim Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian dan Tim Panitia Polbangtan Babel.
Rapat kordinasi ini dihadiri oleh asisten Setda Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar; Tim dari BPPSDM Kementerian pertanian, Dr. Ismaya Parawansa; Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Juaidi, SP, MP.; Kepala UPTD Babai Benih Pemprov. Babel, drh. Judnaidy; Kepala BPTP Balitbangtan Bangka Belitung Dr. Suharyanto yang didampingi oleh sub koordinator program Dr. Suyatno, serta seluruh panitia yang terlibat dalam panitia pendirian politeknik pertanian. Rapat juga dilakukan secara hybrid dengan video conference yang menghadirkan narasumber Dr. Idha Widi Arsanti selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian.
Rapat kordinasi ini dimaksudkan untuk melakukan rencana aksi percepatan pendirian politeknik pertanian dan melengkapi segala sesuatu yang menjadi persyaratan pendirian. Pada tahap sebelumnya naskah akademik pendirian politeknik pertanian Bangka Belitung telah tersusun sebagai bukti dari keseriusan Pemprov Bangka Belitung mendirikan Politeknik Pertanian sebagai upaya untuk memajukan SDM Pertanian di Bangka Belitung. Pemprov Bangka Belitung juga sudah menyiapkan lahan sebagai lokasi politeknik yang berada di Pelempang, berdampingan dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga lokasi tersebut dapat kita jadikan sarana praktik mahasiswa. Lahan tersebut akan digunakan untuk fasilitas pendidikan seluas 10 Ha, fasilitas asrama putri 1 Ha, dan asrama putra 1 Ha sesuai dengan Masterplan yang sudah disusun. Pemprov Bangka Belitung juga segera menyiapkan sara-prasarana berupa ruang pembelajaran, fasilitas praktek meliputi lahan pertanian dan kebun percobaan seluas 20 Ha, fasilitas peternakan (kandang, pabrik pakan, pabrik kompos, dan HPT), laboratorium pendukung. Dealam kesempatan selanjutnya tim dari BPPSDMP juga melakukan survey lokasi dan kesiapan sarana dan prasarana pendukung pendirian politeknik.
BPTP Balitbangtan Bangka Belitung sebagai UPT Kementerian Pertanian di daerah, sangat mendukung upaya Pemprov Bangka Belitung untuk mendirikan Polbangtan ini, hal ini dinyatakan langsung oleh Kepala BPTP Balitbangtan Bangka Belitung dalam rapat tersebut. Diharapkan politeknik pertanian nantinya dapat mencetak SDM pertanian unggul yang dapat terserap oleh industry pertanian yang ada di Bangka Belitung maupun menciptakan wirausahawan muda dibidang pertanian yang tangguh menuju pertanian maju, mandiri dan modern.