JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Narasumber SLI Pada Kegiatan Station Klimatologi Koba dan SL - PIT DPKP Provinsi Babel

 
Pada hari Kamis (12/08/21) Peneliti BPTP Babel minta menjadi narasumber atau pembicara pada kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dengan tema "Penggunaan Informasi dan Prakiraan Iklim untuk Menyusun Strategi Pola Tanam/Katam" disampaikan oleh Ahmadi, M.Sc. Katam merupakan alat bantu atau pedoman yang memuat informasi terkait prediksi iklim, penentian awal musim tanam, luas tanam potensial, wilayah raean banjir/kekeringan, potensi serangan OPT, rekomendasi penggunaan VUB dan Rekomendasi pupuk.
 
Unsur-unsur iklim yang berpengaruh dalam menentukan prediksi awal musim tanam serta sistem budidaya tanaman adalah ; curah hujan, kelembaban, suhu, intensitas sinar matahari dan angin. Untuk awal tanam padi gogo di Babel berdasarkan informasi awal musim tanam yang disampaikan oleh narasumber sebelumnya, bahwa awal musim hujan deliperkirakan awal oktober atau dapat ditanam ahkir bulan September 2021.
Namun demikian sebelum tanam nanti akan dilihat jumlah curah hujan, kelembaban tanah dan suhu. Sedangkan kebiasaan petani untuk menentukan awal musim tanam padi gogo adalah jaring laba - laba. Apabila lahan pertananan padi gogo sudah banyak jaring laba - laba berarti awal tanam padi gogo bisa dimulai. Ujar Ahmadi.
 
Sedangkan Dr. Issukindarsyah menyampaikan materi yang diminta oleh tim SL-PIT tentang penggolahan lahan, pembuatan kompos dan pemupukan dasar. Kegiatan SLI ini bertujuan untuk mendukung kegiatan denfarm SL-PIT padi gogo pada kegiatan Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan TA. 2021. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan peserta SL sangat semangat mengikutinya hingga kumandang adzan zuhur tiba.