JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PENYULUH BPTP BABEL HADIRI PERTEMUAN PENYUSUNAN PROGRAMA

 
Programa penyuluhan pertanian adalah rencana tentang kegiatan penyuluhan pertanian yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah-masalah dan alternatif pemecahannya, serta cara mencapai tujuan yang disusun secara partisipatif, sistematis, dan tertulis setiap tahun. Dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 juga mengamanatkan bahwa programa penyuluhan pertanian terdiri atas programa penyuluhan desa/kelurahan atau unit kerja lapangan, programa penyuluhan kecamatan, programa penyuluhan kabupaten/kota, programa penyuluhan provinsi dan programa penyuluhan nasional. Khusus programa penyuluhan pertanian nasional, provinsi dan kabupaten/kota, dalam Pedoman ini dimaknai sebagai program penyelenggaraan penyuluhan pertanian Pemerintah, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang disusun secara sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya. Adapun substansinya meliputi aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, prasarana sarana dan pembiayaan penyuluhan pertanian.
 
Programa penyuluhan pertanian pada setiap tingkatan disusun setiap tahun dengan memuat rencana penyuluhan tahun berikutnya. Programa penyuluhan pertanian ini pada dasarnya disusun secara mandiri, namun saling memperhatikan keterpaduan dan kesinergian programa penyuluhan pada setiap tingkatan, sehingga semua programa penyuluhan pertanian dalam berbagai tingkatan bersifat selaras dan saling memperkuat. Acuan dalam penyusunan programa penyuluhan pertanian telah ditetapkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25/Permentan/OT.140/5/2009 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian. Tersusunnya Programa Penyuluhan Pertanian merupakan salah satu indikator kinerja Penyuluh Pertanian. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tahun 2022 Tingkat Provinsi yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan Pertanian Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 Agustus 2021 bertempat di Soll Marina Hotel.
 
Penyusunan programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Provinsi dilaksanakan melalui pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan bidang yang terkait penyuluhan di Provinsi. Peserta yang hadir dalam pertemuan sebanyak 51 orang yang berasal dari yang membidangi penyuluhan dan fungsional serta Koordinator BPP dari Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, Kota Pangkalpinang dan BPTP Kepuauan Bangka Belitung. Pelaksanaan pertemuan dengan menerapkan protokol kesehatan. Materi yang disampaikan mengenai Kebijakan pembangunan pertanian di Era Pandemi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Arah dan Kebijakan pembangunan pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kebijakan penyuluhan pertanian dan pengembangan pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta pembahasan programa kabupaten/kota.