JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP BABEL DUKUNG KEGIATAN KKN MAHASISWA UBB

 
Pangkal Buluh – 8 Oktober 2021 Bertempat di Balai Pertemuan Desa Pangkal Buluh, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan dilakukan pelatihan budidaya kelapa sawit. Kegiatan ini diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung dengan tema “Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Sebagai Optimalisasi Hasil Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat di Desa Pangkal Buluh”. Kegiatan diikuti oleh perwakilan anggota kelompok tani yang berjumlah sekitar 50 orang, PPL, dan aparat desa setempat.
Para peserta sangat antusias menghadiri dan mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri. Hal ini terkait dengan sekitar 90% kelapa keluarga desa setempat memiliki kebun kelapa sawit, namun produksinya belum optimal (rata-rata < 1 ton TBS).
Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Babel Dr. Issukindarsyah, SP., M.Sc dan Sugito, SP.
 
Sugito menyampaikan bahwa pertumbuhan dan produksi kelapa sawit dipengaruhi oleh tingkat kesesuaian lahan dan teknis budidaya yang dilakukan. Lebih lanjut disampaikan bahwa intervensi teknis budidaya kelapa sawit yang baik meliputi : (1). persiapan lahan yang baik, (2). Penggunaan bibit bersertifikat, (3). Pemupukan berimbang ( N,P, K, Mg, dan B ), (4). pengendalian gulma dan OPT, (5). kastrasi dan pruning pelepah, serta (6). panen tepat waktu.
Untuk meningkatkan pendapatan petani sawit, juga dapat dilakukan pemanfaatan lahan diantara tanaman kelapa sawit belum menghasilkan (TBM) dengan tanama sela seperti jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau maupun tanaman hortikultura lainnya seperti semangka, cabai, dll. Selain itu kelapa sawit juga dapat dintegrasikan dengan ternak sapi (SISASA) atau Sistem Integrasi Sawit Sapi). Melalui teknologi SISASA ini pemanfaatan pelepah kelapa sawit berupa pelepah kelapa sawit dapat dijadikan makanan utama ternak sapi. Ujar Peneliti BPTP Babel.