JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan IP 300 Tahun 2020 dalam Rangka Peningkatan Produksi Pangan


Ditengah wabah covid 19, kegiatan pertanian harus tetap berjalan dan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat seiring dengan target Indonesia menuju lumbung pangan dunia tahun 2045. Produksi padi provinsi Bangka Belitung pada tahun 2019 adalah sebesar 48.806 ton GKG atau setara beras 28.780 ton. Produksi ini lebih dari 50% dihasilkan dari Kabupaten Bangka Selatan sebagai sentra produksi beras di Kepulauan Bangka Belitung.

Dibandingkan dengan pada tahun 2018, produksi di tahun 2019 mengalami sedikit penurunan walaupun tidak signifikan. Hal ini disebabkan karena musim kemarau panjang sehingga ketersedian air berkurang. Akibatnya hanya sebagian petani di Basel yang dapat melakukan dua kali pemanenan. Kondisi ini tentunya berdampak pada angka produksi.
Mengantisipasi hal tersebut, diperlukannya inovasi terknologi pertanian dengan meningkatkan indeks pertanaman (IP) agar dapat meningkatkan nilai produksi dengan peningkatan diversifikasi pola tanam dan indeks pertanaman, ketersediaan sarana dan prasarana, serta inovasi teknologi spesifik lokasi Sehingga nantinya diperoleh rekomendasi paket teknologi yang dapat meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas usahatani tanaman pangan di lahan kering dan lahan sawah tadah hujan.

Salah satu demplot kegiatan peningkatan IP BPTP BABEL seluas 5 Ha bertempat di Desa Batu Betumpang Kab. Bangka Selatan saat ini telah mulai melakukan penyemaian yang lebih difokuskan pada varietas yang tahan cekaman kekeringan. Dalam pelaksanaannya memperhatikan cara budidaya yang baik. Penggunaan alsintan juga dilakukan secara maksimal mulai dari pengolahan lahan sampai dengan pemanenan. Dede Rusmawan, SP selaku peneliti BPTP dan pendamping dari kegiatan ini menyampaikan bahwa dengan menerapkan benih unggul adaptif terhadap musim diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan penggunaan alsintan dapat meringankan pekerjaan petani sehingga harapan untuk mencapai penanaman 3 kali masa panen dalam satu tahun dapat terwujud.

TUGAS

TUGAS : Melaksanakan pengkajian dan perakitan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi