JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Arah dan Strategi Revitalisasi Pengembangan Komoditas Lada di Indonesia Arah dan Strategi Revitalisasi Pengembangan Komoditas Lada di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu produsen lada utama dunia bersama-sama dengan India, Malaysia dan Brazil. Namun selama 10 tahun terakhir, kontribusi lada Indonesia di pasar dunia semakin menurun. Bahkan Indonesia dalam pengembangan produksi dan ekspor lada sudah kalah bersaing dengan negara lain terutama Vietnam, Brazil dan India. Fenomena kemunduran perkebunan lada Indonesia ini tidak terlepas dari pengaruh pola deregulasi kebijakan pemerintah yang selama ini cenderung kurang memberikan perhatian secara optimal terhadap pengembangan lada. Untuk itu, revitalisasi pengembangan komoditas lada perlu dilakukan dengan cara menyelenggarakan pengembangan agribisnis lada secara efisien, holistik, terintegrasi dan berkelanjutan. Dengan demikian strategi revitalisasi yang perlu dilakukan dibagi menjadi : on farm dan off farm. Strategi on farm ditujukan pada peningkatan produktivitas dan mutu, khususnya pada daerah dengan kriteria amat sesuai dan sesuai, sedangkan perluasan areal belum menjadi kegiatan yang mendesak untuk saat ini. Sementara strategi off farm, merupakan pendukung untuk pelaksanaan perbaikan agribisnis lada dengan memacu semangat petani untuk memperbaiki sistem budidaya dan juga mempertahankan produksi lada nasional.

Kata Kunci: Indonesia, lada, agribisnis dan strategi