JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Grand Skenario Revitalisasi Lada

Komoditas lada mempunyai peranan strategis tidak hanya secara ekonomis, akan tetapi juga secara historis, sosiologis maupun geografis. Di tingkat dunia, lada indonesia dikenal mempunyai citra rasa dan aroma yang khas dengan brand “ Muntok White Pepper “ dan “ Lampung Black Pepper“. Kejayaan rempah dan khususnya lada sebagai rajanya rempah (King of Spices) pernah dicapai dan menjadi nomor 1 di dunia. Namun sejak Vietnam mengembangkan lada, posisi Indonesia di pasar dunia menurun. Prospek lada dimasa mendatang cukup baik karena selain terjadinya peningkatan konsumsi dalam negeri juga berkembangnya industri makanan, minuman dan farmasi serta spa yang menggunakan bahan baku lada. Lada juga memberikan kontribusi terhadap perolehan devisa negara sebesar US$ 55.637- 132.497 juta/th (periode 2004 - 2008). Hampir seluruh usaha lada (99,90%) dikelola oleh rakyat yang dimiliki oleh ±325 ribu KK.  Apabila satu KK memiliki 5 anggota keluarga maka usaha lada menghidupi 1,6 juta orang, belum termasuk  yang terlibat dalam perdagangan dan industri.