JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bangka Barat Gudangnya SDG Durian Babel

 
Bangka Belitung kaya akan Sumber Daya Genetik (SDG) Durian Lokal dan selalu diburu oleh pecinta durian di tanah air. Selain Durian Namlung, Klamunod, Putri Dewa, Citra Manis, serta durian Rama dan Shinta yang telah dikenal oleh pencinta durian tanah air, masih banyak durian lokal yang belum dieksplorasi dan dikarakterisasi. Oleh karena pada hari Rabu kemarin (040821) Peneliti BPTP Babel Ahmadi, M.Sc dan Dr. Suyatno melakukan pendampingan karakterisasi durian di Kabupaten Bangka Barat, tepatnya di Kacamatan Kelapa, Desa Air Bulin dan Kecamatan Simpang Teritip, Desa Simpang Gong.
 
Dari kecamatan kelapa diperoleh 2 aksesi durian unggul lokal yaitu Durian MG (Durian Mangga) 01 dan Durian Dakab (Durian Landak Air Bulin), sedankan di kec simpang teritip di peroleh 1 aksesi yaitu Durian Sleng. Tim pendamping karakterisasi durian saat ini baru dapat melakukan karakterisasi pohon, daun serta buah, sedangkan karakterisasi bunga masih menunggu musim berbunga. Setelah diperoleh karakterisasi bunga, selanjutnya setelah lengkap karakterisasi ini mulai dari pohon, daun, bunga dan buah ke 3 aksesi durian ini akan segera didaftarkan ke PPVTPP Kementerian Pertanian.
 
Dari hasil karakterisasi buah ke 3 aksesi durian ini sukup baik warna daging buah kuning, ketebalan daging buah cukup baik, lembut dan rasa manis ada sedikit pahit, pokoknya Mantap Durian Babel.
Tim karakterisai dari Kab. Bangka Barat Kasi Perlintan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Amelia, SP BPP Kelapa, PPL Desa Air Bulin, Penggiat Durian Bangka Barat, pemilik PIT Durian dan Wartawan Diskominfo Bangka Barat.